"Checklist" selama bulan Ramadhan

02.45


1. Bangun tidur, jangan lupa berdoa :

“Segala puji bagi ALLAH yang telah menghidupkan aku setelah DIA mematikan aku dan kepadaNyalah aku akan dikembalikan.”


2. Berniat untuk melaksanakan sebanyak-banyak kebaikan hari itu.

3. Mandi dan membersihkan diri.

4. Mengambil air wudhu dan memakai pakaian yang suci untuk beribadah, pakai wewangian secukupnya bila perlu.

03.00


1.Sholat sunat Taubat
Rakaat pertama seusai membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Kafirun, Rakaat kedua seusai membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas. Seusai sholat, tengadahkan kedua tangan sambil memohon ampun kepada ALLAH. Menangislah untuk menyesali dosa-dosa yang telah lalu.

2.Sholat sunat Tahajjud.
Rakaat pertama seusai membaca Al-Fatihah baca surah Al-Kafirun, Rakaat kedua seusai membaca Al-Fatihah baca surah Al-Ikhlas. Selepas sholat, kembali tenggelamkan hati, pikiran, lisan dan raga ini dalam lautan doa dan dzikruLLAH.

3.Sholat sunat Witir
Seusai salam, bangun lagi dan sholat witir 1 atau 3 rakaat (sesuai dengan kebiasaan dan kemampuan). Perbanyak berdoa kepada ALLAH dengan penuh rasa kehambaan, rendah diri, meminta-minta, merintih-rintih, agar ALLAH mengampuni dosa-dosa kita, menerima taubat kita, menerima amalan kita, memperkenankan doa dan permintaan kita.

03.30


1. Makan sahur
2. Mengosok gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di mulut.

04.00


1. Bersiap menunggu waktu Subuh dengan membaca Al-Quran atau bersholawat. Sholat sunat Fajar. Sholat Subuh berjemaah. Selesaikan wirid harian di atas sajadah atau baca Al-Quran hingga terbit matahari.

2. Hindarkan tidur selepas Subuh, karena waktu itu adalah waktu paling barokah untuk memulai suatu pekerjaan.

06.00


1. Membuat persiapan ke tempat kerja/ sekolah. Melangkah ke tempat kerja dengan membaca Bismillah dan dengan berniat dengan niat yang baik-baik. Tidak lupa sebelum meninggalkan rumah berdoa :

“Dengan nama Allah, aku berserah diri kepadaNya dan tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”


“Ya Allah! Mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah! Engkau adalah teman bepergian dan pelindung keluarga. ”


2. Memulai pekerjaan dengan Bismillah dan doa kepada ALLAH agar semua kegiatan kita diberkatiNya, sentiasa bersholawat kepada Rasulullah SAW (dengan menyebutnya atau di dalam hati).

3. Perbanyak istighfar/meminta ampun. Melaksanakan pekerjaan dengan bersemangat dan penuh bertanggung jawab. Datangkan rasa bahwa ALLAH sentiasa mengawasi setiap gerakan kita dan yakinlah ALLAH akan membalas segala kebaikan yang telah kita perbuat.

09.00


1. Sholat sunat Dhuha, Ia adalah sumber rezeki yang penuh barokah bila di amalkan dengan istiqamah.

2. Penuhi saat istrahat/ senggang dengan menambah ilmu atau membaca Al-Quran. Hindarkan waktu itu untuk melakukan dosa walaupun kecil ataupun dari hal yang sia-sia.

Contoh : Mengumpat, mengutuk, menyindir yang menyakitkan orang, bergaul bebas tanpa menjaga syariat seperti bercakap dengan yang bukan mahrom mengenai sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan/ ilmu pengetahuan.

12.00


1. Bersiap untuk sholat Dzuhur.

2. Laksanakan sholat sunat Qabliyah bila sempat. Menunggu waktu sholat dengan bersholawat. Sholat Dzuhur berjamaah.

3. Laksanakan juga sholat sunat Rawatib. Bersujud syukurlah setelah selesai sholat sunat dan wirid sebagai perwujudan berterima kasih kepada ALLAH atas segala nikmat yang diberikan hingga saat ini kita masih diperkenankan untuk melaksanakan ibadah kepadaNya.

15.00


1. Bersiap untuk sholat Ashar.

2. Laksanakan sholat sunat Qabliyah bila sempat. Sholat Ashar berjamaah.

3. Bersujud syukurlah setelah selesai sholat sunat dan wirid sebagai perwujudan berterima kasih kepada ALLAH atas segala nikmat yang diberikan hingga saat ini kita masih diperkenankan untuk melaksanakan ibadah kepadaNya.

16.30


1. Membeli barang-barang keperluan berbuka dan sahur tanpa berlebih-lebih. Ingatlah walaupun Syaitan dibelenggu selama bulan Ramadhan, tetapi nafsu TETAP masih ada dalam diri kita!

17.30


1. Memperbanyakkan doa sebelum berbuka karena di waktu itu adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Ingatlah sabda Rasulullah SAW : "Ramai orang yang berpuasa, yang mereka dapat hanya lapar dan dahaga", merintihlah kepada ALLAH memohon agar amalan kita diterima.

2. Apabila telah masuk waktu Maghrib, bacalah doa berbuka puasa:

“Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat dan telah tetap pahala Insya Allah.”


3. Berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti buah kurma, dan jangan makan terlalu banyak.

4. Sebaiknya setelah memakan kurma dan meminum air, lalu menunaikan sholat maghrib berjamaah, setelah itu barulah makan makanan yang berat.

19.00


1. Sholat Isya' berjemaah dan diteruskan dengan solat Tarawih

2. Coba pertahankan sholat tarawih walau bagaimana keadaannya karena fadhilahnya amat besar. Bacalah Al-Quran dengan penuh tawadhu', alangkah baiknya dibaca dengan bertadarus (berkumpulan bergilir-giliran, seorang membaca, yang lain menyemaknya), coba khatamkan membaca Al-Quran setidaknya satu kali selama bulan Ramadhan (sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang ada). Sedangkan kebanyakan imam-imam besar mengkhatamnya dua kali dalam sehari (60 kali sebulan Ramadhan)

22.00


1. Memperbanyakkan istighfar sebelum tidur.

2. Berniatlah untuk puasa esok hari.

3. Tidur awal agar dapat bangun awal untuk beribadah.

4. Bacalah doa sebelum tidur :

“Dengan namaMU Ya ALLAH! Aku hidup dan mati. Ingatlah tidur adalah mati yang sementara, kemungkinan kita dipanggil ALLAH ketika tidur.”

~o0o~ sembilanpustaka ~o0o~

Penulis : [RedaksiSembilan] ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel "Checklist" selama bulan Ramadhan ini dipublish oleh [RedaksiSembilan] pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan "Checklist" selama bulan Ramadhan
 

1 komentar:

  1. terimakasih yah...suatu kalender Ramadhan yang bagus sekali

    ReplyDelete