"De', met millad ya. Sukses dunia akhirat..."

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM... Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

(CATATAN : JANGAN DIBACA PADA SAAT ADZAN DI MESJID SEDANG BERKUMANDANG)

telah kulewati 24 tahun untuk mengarungi samudera nan penuh hal yang fana ini…
diterpa badai masalah, disapa ombak musibah, dengan semilir angin ujian…
aku bersyukur memiliki tujuan, menggapai semua azzam tanpa melanggar pagaran Al Qur'an
sehingga tak tertiup angin ataupun tenggelam…


kusapukan pandangan ke seluruh hamparan atap dunia yang masih terjangkau
kadangkala terlihat langit mendung bagai menyimpan amarah
kadangkala terlihat langit berseri cerah bagai tersenyum indah
apalagi ketika semuanya direnggut pekat gulitanya malam
bersyukur ku memiliki sebuah pelita
sehingga tak membuatku tersesat dalam pekat dunia

bersama sebuah bintang kulalui pergantian malam ini
kadang ia muncul, lalu kembali menghilang, kadang tersenyum muram, kadang hanya terdiam
meski ia tak termiliki, tak tersentuh, masih dalam penjagaan pemilik langit malam
namun ia slalu ada dihati..

ahh, memang ini adalah perjalanan yang belum sempurna
untuk memahami benar arti kehidupan dunia
dan mengumpulkan bekal untuk pertemuan di Mahsyar kelak
namun hembusan nafas masih terasa
detak jantung masih berkata
bahwa masih ada detik ini untuk terus berusaha
menjadi seorang pribadi yang lebih berarti untuk orang-orang di sekitarnya
seiring dengan bertambahnya usia..


***

Alhamdulillah, Ku bersujud syukur saat usiaku tepat 24 tahun, menandakan jatah usiaku kian berkurang. Sebelum terlupa, ingin kuawali rasa ini dengan sebuah permintaan maaf atas semua dosa dan alpa diri yang dhoif ini, baik yang disengaja ataupun tidak.


Hari ini, seluruh anggota keluarga dan beberapa sahabat mengucapkan selamat milad untukku, baik lewat sms, lewat ucapan langsung, lewat blog ini, lewat PM ataupun wall FB dan IM lainnya, bahkan ada yang tanpa ucapan apa-apa. Ada juga yang malah beberapa hari sebelumnya sudah memberi ucapan met milad.

Rasanya memang sangat membahagiakan bagiku ketika momen ini diingat juga oleh orang-orang terdekat dan tersayang, bahkan terkadang, momen ini dijadikan sebagai salah satu barometer seberapa banyak orang yang peduli dan sayang padaku, benarkah begitu?
Entahlah... WaLLAHu a'lam bishawab. Aku tidak pernah terpikir wajib mendapatkan ucapan selamat dari orang lain di hari milladku ini, Aku tidak pernah terpikir wajib mendapatkan doa yang baik-baik di hari yang agak spesial bagiku ini, tak juga berharap kiriman kartu, ataupun kado mewah... (Tapi kalau memang kalian memaksa memberi sesuatu, apapun itu, tidak juga kan kuucap penolakan. Aku menghargai usaha kalian v^^' ) Karena itu terkadang tak pernah kucantumkan tanggal lahirku di sembarang tempat. Aku ingin kalian mengingat tanggal lahirku karena kalian mengenang diri ini. Bukan karena munculnya sebuah notifikasi di layar komputer ataupun handphone. Karena dengan demikian aku sedikit merasa lega, masih ada sisa tempat untukku di hati dan kenangan kalian semua... :)

Tahun ini, tidak ada hal yang spesial yang dinikmati. Tidak ada ceplokan telur dan lemparan tepung, ataupun sirama air kembang seperti saat masa sekolah dulu. Hari ini kuhabiskan di perpustakaan kampus, demi skripsi yang ingin segera kuselesaikan periode ini. Juga karena permintaan seorang sahabat yang membutuhkan sedikit bantuan karena mengemban misi yang sama denganku. LULUS periode ini !!!

Di penghujung lail handphoneku berderit pelan tanda sms masuk, Kuperiksa siapa pengirimnya. Ah, ternyata dari "seseorang" :) "dia" ternyata juga ingat milladku. Atau bila ada hitung-hitungan pasti, malah "dia" yang kedua setelah DIA sang Penguasa Malam, menyapaku di malam buta pada hari milladku. Aku tersenyum, kubaca deretan huruf di layar handphoneku. Doa yang indah... :)

Waktu pun bergulir dengan cepat, aku tenggelam dalam duniaku sendiri, mengerjakan skripsi di kampus. Sesekali kupalingkan pandanganku dari layar laptop ke layar handphone. Berharap ada tulisan "new messages received" atau "new missed call". Sedikit ku berharap dari keluargaku sendiri akan ingat dengan milladku hari ini. Ku tinggalkan itu dulu, untuk kembali ke aktivitasku semula hingga terdengar sayup adzan Ashar. Ba'da jamaah Ashar kembali handphoneku berderit. 1 new messages. kubuka satu-persatu. Aku menahan air mataku, yang pertama sms dari Ibu. Perlahan kubaca untaian doa dari seseorang yang telah mempertaruhkan nyawanya saat kelahiranku ke dunia ini, tepat 24 tahun yang lalu. "De', met ultah ya, Ibu doain semoga ade bisa jadi orang sukses dunia akhirat. amiiinn... Maaf ya de' kalau ibu telat ngasih ucapannya."

Yaa Rabb, sms ibu barusan semakin membuat hatiku haru... Ibu, Ade' sayang ibu. Bapak, mbak pun sama mendoakanku. Yaa Allah, jadikan aku anak yang berbakti... yang dapat menjadi salah satu jariyah mereka nanti...

Hm, begitulah, dentangan di salah satu tanggal di bulan Maret tahun ini, seolah kembali mengingatkanku telah sejauh mana diri ini melangkah, untuk kembali meluruskan niat dan meresapi tentang tugas dan amanah yang kutempuh di dunia ini. Sungguh, betapa banyak yang harus kubenahi, aktivitasku, amanah-amanahku, niatku, juga hatiku. Rasanya masih sangat sedikit bekalku untuk bertemu dengan Kekasihku, aku sering terlena dengan kesibukanku soal dunia. Aku yang sering alpa, padahal Dia slalu menatapku penuh kasih sayang. Ahh..Allah.. betapa malunya diri ini telah sebesar ini menghirup udaraMu... mengeruk segala nikmat dariMu.. sementara diri ini terkadang terlupa untuk bersyukur kepadaMu...

Ya, mulai detik ini, kumulai kembali langkahku dengan semangat yang baru, sedikit demi sedikit kutinggalkan kebiasaan buruk di masa jahiliahku dulu, dengan niat yang lurus untuk meraih ridha Nya, dengan terus memperbaiki diri dan melakukan yang terbaik, biarlah Allah yang menyempurnakan seluruh amalanku, karena dengan rahmatNya aku bisa sampai pada pertemuan denganNya..

Doa yang panjang dan tangisan lirih pun mengantarkanku menuju hari-hari berikutnya.. Menjadi seorang pribadi yang dapat memberikan manfaat untuk orang-orang dan lingkungan di sekitarnya

WaLLAHu a'lam bishawab, Wassalamu'alaikum warahmatuLLAHI wabarakatuh.

sembilanpustaka

~o0o~ sembilanpustaka ~o0o~

Penulis : [RedaksiSembilan] ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel "De', met millad ya. Sukses dunia akhirat..." ini dipublish oleh [RedaksiSembilan] pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan "De', met millad ya. Sukses dunia akhirat..."
 

0 komentar:

Post a Comment